BATIK FOR MODERN LIFE


Batik adalah kain bermotif  yang pembuatannya melalui proses pemalaman, pewarnaan dan pelorodan.
Suatu karya seni tradisional yang kini telah mendunia dan diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Batik diperkirakan sudah ada di Nusantara semenjak zaman Majapahit atau sekitar abad XVIII.
Pada saat itu yang dikenal hanyalah batik tulis. Baru kemudian disusul batik cap yang mulai populer di abad XX atau sekitar tahun 1920an.

Namun pada perkembangannya, tidak banyak orang yang paham mengenai batik. Tanpa melalui proses membatik, sebuah kain tekstil bermotif batikpun sudah disebut batik.
Padahal sesungguhnya batik adalah sebuah proses, bukan motif.

Untuk meluruskan pandangan tersebut, kami hadir dan ikut meramaikan khasanah busana di Indonesia, khususnya batik. Serta memberi informasi dan mengajak agar kita semua sama sama melestarikan batik Nusantara dengan menggunakan batik yang sebenarnya.

Batik yang sudah dikenal sejak lama tentu tidak akan menjadi sebuah karya modern dan berkelas tanpa sentuhan tangan tangan kreatif anak bangsa.
Dari tangan pengrajin di seluruh Jawa dan Madura, dan di tangan kamilah batik hadir sebagai sebuah warisan yang unik namun tidak melupakan modernisasi busana yang begitu pesat.

BATIK SANTOSO
Santoso yang dalam bahasa Jawa artinya jaya, panjang umur dan sejahtera semoga menjadi arti yang luhur bagi warisan budaya ini. Agar batik nusantara tidak akan lekang oleh waktu, abadi dan selamanya.
Seperti arti Santoso itu sendiri.

Batik Santoso
"Batik for Modern life"


www.batiksantoso.com